Sunday 20 December 2020

Cara Tambah Tombol WhatsApp di Akun Instagram, Bisa Langsung Chatting

Hubungan antara dua platform media sosial milik Facebook, WhatsApp, dan Instagram kini semakin erat. Baru-baru ini, Instagram menambahkan fitur anyar, yaitu menambah tombol WhatsApp ke dalam halaman profil akun IG pengguna.

Hal ini sangat memudahkan bagi pemilik akun Instagram Bisnis, karena mereka bisa menambahkan langsung tombol WhatsApp, untuk memudahkan pelanggan bertanya atau memesan produk melalui chat. Posisi tombol WhatsApp pun dapat terihat langsung oleh pengguna lainnya. Ia berada sejajar dengan tombol "Ikuti" dan "Kirim Pesan".
Pengguna Instagram di Indonesia cukup beruntung, karena sebagai negara pertama di Asia Pasifik yang mendapatkan fitur ini. Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan, para pengguna dapat langsung menghubungi dan memulai percakapan dengan para penjual melalui WhatsApp, hanya dengan satu klik setelah menemukan bisnis tersebut di Instagram.
"Kami menyadari bahwa banyak pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai etalase virtual, dan WhatsApp sebagai gerbang akhir untuk membangun obrolan lebih lanjut seputar produk dengan pelanggan guna mendorong penjualan," jelas Lydian dalam keterangan yang diterima kumparan, Jumat (18/12).
Cara Tambah Tombol WhatsApp di Akun Instagram, Bisa Langsung Chatting (1)
Ilustrasi aplikasi Instagram. Foto: Solen Feyissa via Unsplash
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah untuk menambahkan tombol WhatsApp di halaman profil, pengguna Instagram harus mengubahnya menjadi akun bisnis. Bagi yang belum tahu berikut caranya.Pertama, masuk pada halaman profil, kemudian klik "Setting" di pojok kanan atas profilmu. Lalu klik "Account."
  • Selanjutnya, ubah akunmu menjadi Instagram bisnis dengan klik pilihan "Switch to business account." Klik "continue," lalu pilih jenis bisnis yang kamu jalankan.
  • Setelah itu klik "Next," lalu kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi apakah alamat email dan nomor telepon yang dicantumkan sudah sesuai atau belum.
  • kamu akan diminta untuk menyambungkan profil Instagram bisnis ke laman Facebook. Jika tidak ada, bisa juga klik pilihan "Don’t connect to Facebook."
  • Sekarang, akun Instagram bisnismu sudah selesai.
Cara Tambah Tombol WhatsApp di Akun Instagram, Bisa Langsung Chatting (2)
Instagram sebagai platform social media marketing. Foto: Shutterstock
Setelah mengubah akun biasa menjadi akun Instagram Bisnis, bisa langsung mengikuti langkah ini untuk menambahkan tombol WhatsApp di halaman profil.
  • Kunjungi halaman akun Instagram bisnis, lalu pilih "Edit Profil."
  • Pilih opsi "Kontak," lalu tambahkan nomor WhatsApp kamu.
  • Masukkan kode autentikasi yang kamu terima, lalu akun Instagram bisnis akan terhubung secara otomatis dengan akun WhatsApp.
  • Buka Fitur Bisnis dan pilih "Settings."
  • Ketuk akun tertaut.
  • Pilih Instagram dan ketuk Batalkan Tautan.
Selamat mencoba!
Baca Juga
var jumlah

SHARE THIS

Author:

“You never change things by fighting the existing reality. To change something, build a new model that makes the existing model obsolete.” — R. Buckminster Fuller

0 coment rios: